PERESMIAN PUSAT DAUR ULANG (PDU) SAMPAH DAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL (HCPSN) TINGKAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Selasa, 10 Desember 2019 | 3486 Kali
PERESMIAN PUSAT DAUR ULANG (PDU) SAMPAH DAN  HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL (HCPSN)  TINGKAT KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

PURWOKERTO – Pada Hari Sabtu, tanggal 7 Desember 2019 bertempat di Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah Kober, Lapangan Gempar, Jl. Riswan, Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat telah dilaksanakan peresmian Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah bersamaan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2019.

          Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Novrizal Tahar), Bupati Bupati Banyumas, Wakil Bupati Banyumas, FORKOMPINDA, DLH Kab. Banjarnegara, DLH Kab. Purbalingga, DLH Kab. Kebumen, DLH Kab. Cilacap, OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Banyumas,  Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Banyumas, BUMN, BUMD, PERUSDA Kabupaten Banyumas, Perusahaan Swasta, Camat se-Kabupaten Banyumas, MUSPIKA se- Kecamatan Eks Kotatip Purwokerto, Lurah se-Kota Purwokerto, Kelompok Masyarakat Peduli Sampah, Saka Kalpataru Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas, dan Sekolah Adiwiyata dengan peserta sekitar 300 orang.

          Acara diawali dengan penanaman 3 pohon Kantil (Magnolia x alba) oleh Bupati Banyumas, Dirjen PSLB3, dan Wakil DPRD Kabupaten Banyumas.

          Sebelum sambutan oleh Dirjen PSLB3 Kepala DLH Kabupaten Banyumas melaporkan tentang kegiatan pengelolaan sampah di Kabupaten Banyumas, termasuk pembangunan PDU tahun pada 2019 sampai dengan rencana pembangunan PDU tahun berikutnya. Selanjutnya, Dirjen PSLB3 menyampaikan agar masyarakat mengelola sampah dari hulu supaya tidak membebani lingkungan.  Pengelolaan di hulu telah diupayakan Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan mendirikan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah, sehingga visi ke depan dalam mengelola sampah adalah berkurangnya residu yang dibuang ke TPA. Namun demikian, kebersihan, keindahan Purwokerto, dan kepedulian masyarakat Banyumas pada umumnya terkait sampah diapresiasi olehnya.

          Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan lomba-lomba lingkungan hidup oleh Bupati Banyumas kepada para pemenang. Lomba-lomba tersebut diantaranya Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Duta Lingkungan Tahun 2019, Green and Clean Tingkat SD, SMP, SMA, dan Perumahan/Permukiman di wilayah Eks-Kotatip Purwokerto, lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat Kab. Banyumas, SK dan Piagam Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2019, Sertifikat Program Kampung Iklim (PROKLIM) Kategori Madya, dan Lomba Foto Kegiatan Word Clean Up Day (WCD) Tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2019.

          Setelah penyerahan penghargaan kepada para pemenang, Bupati Banyumas menyampaikan sambutannya. Beliau memberikan penjelasan bahwa berdasarkan data tahun 2018, dari jumlah kepala keluarga sebanyak 456.510, dihasilkan sampah sebanyak 535.965 kg/hari. Sedangkan jumlah sampah yang dihasilkan di luar rumah tangga setiap hari mencapai 10 - 15 ton/hari, sehingga rata-rata per hari 550 - 600 ton/hari. Sesuai dengan Kebijakan Strategi Daerah (JAKSTRADA) Kabupaten Banyumas, pada tahun 2025 jumlah target pengurangan sampah sebanyak 30% dan penanganan sampah sebanyak 70%. Untuk  memenuhi  target  pengurangan  sampah dan penanganan sampah tersebut, pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Banyumas telah membangun pusat pengelolaan sampah / TPS 3R / hanggar, dengan luas minimal 1.200 meter2 melalui APBD Kabupaten Banyumas di lima lokasi yaitu di Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang; Desa Karangcegak Kecamatan Sumbang; Desa Banteran Kecamatan Wangon; Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja, dan di Kelurahan Kradenan Kecamatan Sumpiuh. 

          Pada tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Banyumas membangun 8 unit TPS 3R / PDU melalui APBD Tahun Anggaran 2019; yaitu : di Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur; Kelurahan Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan; Kelurahan Purwanegara, Kelurahan Karangwangkal, Kelurahan Bobosan, dan Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara; serta di Kelurahan Kober dan Kelurahan Pasir Kulon Kecamatan Purwokerto Barat.

          Selain itu, Kabupaten Banyumas juga membangun 2 unit TPS 3R / PDU melalui APBN (KOTAKU), yaitu di Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur dan Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat.  Direncanakan, pada tahun 2020 akan dibangun 7 unit TPS 3R / PDU di luar wilayah perkotaan Purwokerto, yaitu : di Desa Rempoah Kecamatan Baturraden; Desa Kedunggede Kecamatan Banyumas; Desa Cilongok Kecamatan Cilongok; Desa Karangklesem Kecamatan Pekuncen; Desa Rawalo Kecamatan Rawalo; Desa Sokaraja Kulon Kecamatan Sokaraja; dan Desa Pasir Wetan Kecamatan Karanglewas; serta pembangunan 2 unit TPS 3R / PDU di wilayah perkotaan purwokerto, yaitu di Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur (DAK KLHK tahun 2020); dan di Kelurahan Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara (APBD Kabupaten Banyumas tahun 2020).

          Disampaikan juga bahwa Kabupaten Banyumas dikaruniai keragaman flora dan fauna endemik, seperti elang jawa di Gunung Slamet, owa jawaNephentes atau kantung semar khas Gunung Slamet di Baturraden, dan juga dikenal dua jenis kupu-kupu yang sangat langka yaitu Traides dan Papiloparis yang smuanya harus dijaga agar lestari.

          Acara peresmian PDU ditandai dengan pelepasan 15 ekor satwa burung trocokan (Pycnonotus goiavier) dan 15 ekor satwa burung kutilang (Pygnonotus aurigaster) oleh BUpati Banyumas, pemotongan tumpeng, dan peninjauan kegiatan operasional PDU Kober yang diikuti oleh perserta undangan lainnya.

1

Penanaman 3 pohon Kantil (Magnolia x alba) oleh Bupati Banyumas (Ir. Achmad Husein), Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Novrizal Tahar) dan Wakil DPRD Kabupaten Banyumas (Supangat).

 

Laporan Pelaksanaan Peresmian Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tingkat Kabupaten Banyumas Tahun 2019 oleh Kepala DLH Kab Banyumas (Suyanto, SH. M.Hum), Sambutan Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Novrizal Tahar) dan Sambutan Bupati Banyumas (Ir. Achmad Husein).

 

Penyerahan hadiah Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Duta Lingkungan Tahun 2019 oleh Bupati Banyumas(Ir. Achmad Husein) kepada para pemenang.

 

Peninjauan kegiatan PDU Kober oleh Bupati Banyumas (Ir. Achmad Husein) sebagai tanda dimulainya kegiatan Pusat Daur Ulang (PDU) Sampah

Related Posts

Komentar