PELANTIKAN PENGURUS PIMPINAN SAKA KALPATARU DAN PELEPASAN JAMBORE LINGKUNGAN PERKEMAHAN BAKTI SAKA KALPATARU TAHUN 2014

07 07 2014 14:36:59 | 10210 Kali
PELANTIKAN PENGURUS PIMPINAN SAKA KALPATARU DAN PELEPASAN JAMBORE LINGKUNGAN PERKEMAHAN BAKTI  SAKA KALPATARU TAHUN 2014

 

 

Purwokerto, pada hari Selasa, tanggal 20 Mei 2014 bertep[atan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Pengurus Pimpinan Saka kalpataru Kwarcab Banyumas dari unsur Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas telah dilantik oleh Ketua Kwarcab Banyumas Ir. Didi Rudwianto, SH.,M.Si bertempat di Aula Sanggar Pramuka Kwarcab Banhyumas, Purwokerto. Dalam kesempatan ini Ketua Kwarcab Banyumas mengharapkan dengan adanya satuan karya (saka) Kalpataru, maka pelestarian, perlindungan, dan pengelolaan lingkunagn hidup dapat ditingkatkan. Dikatakan juga bahwa Saka Kalpataru merupakan Satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan, kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega serta wadah untuk menannamkan kepedulian dan rasa tanggungjawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan, dan melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang. Dalam Saka Kalpataru meliputi 3 (tiga) krida, yaitu Krida 3R (Reduce, Reuse, Recyle), Krida Perubahan Iklim, dan Krida Keanekaragaman Hayati. 

 Susunan Pengurus Pimpinan Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas periode tahun 2013 s,d, 2018 terdiri dari Ketua oleh Kepala BLH, Sekretaris dijabat oleh Sekretaris BLH, Bendahara oleh Kasubag Umum BLH, dengan anggota-anggota adalah Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan BLH, Kabid Konservasi Sumber Daya Alam, Pegiat Lingkungan Hidup Kusno, LSM Lingkungan Hidup Gafatar  Nur Aziz, dan Pengurus Kwarcab Banyumas Slamet Subagyo, S.Sos, dan juga Pamong-pamong yaitu pamong krida 3 R Pratiwi SP, Pamong Perubahan Iklim Drs. Heri Sulastiono, M.Si, dan Pamong Konservasi Hayati Stefhanus Sigit, S.Hut.

 Disamping itu juga diadakan pelepasan peserta Pramuka Penegak untuk mengikuti kegiatan Jambore Lingkungan Perkemahan Bakti (Perti) Saka Kalpataru Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 s.d. 25 Mei 2014 di Bumi Perkemahan Karanggeneng Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang terdiri dari peserta Pramuka Penegak sebanyak 8 orang terdiri dari 4 orang putrid, dan 4 orang putra Pramuka Penegak yang terpilih hasil seleksi pada tanggal 1 Mei 2014, dan pimpinan kontingen dari DKC Kwarcab Banyumas Sukesih, serta didampingi oleh Pembina pendamping dari Saka Kalpataru BLH Subarkah Setyonagoro.

 Dalam kesempatan tersebut Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro yang juga ikut dilantik menjadi pengurus Pimpinan Saka Kalpataru mengatakan bahwa dengan terlantiknya Pengurus Pimpinan Saka Kalpataru ini, maka akan dilaksanakan perekrekutan atau pembentukan andalan saka kalpataru yang berada di masing-masing Sekolah baik SMA maupun SMK untuk kegiatan-kegiatan saka kalpataru melaksanakan 3 krida yaitu 3R, Perubahan Iklim, dan Kehati. Ditambahkan juga  arah kedepan akan diadakan perkemahan bakti untuk penanaman pohon pada lahan-lahan kritis, pelestarian lingkungan, dan pengelolaan sampah.

 

 

Related Posts

Komentar