BLH ADAKAN PRESENTASI KARYA TULIS ILMIAH BERBAHASA JAWA

11 07 2014 14:15:52 | 11356 Kali
BLH ADAKAN PRESENTASI KARYA TULIS ILMIAH BERBAHASA JAWA

 

Purwokerto, Hari Selasa, tanggal 6 Mei 2014 bertempat di Aula Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas diadakan lomba presentasi karya tulis ilmiah berbahasa Jawa dengan tema Peran Generasi Muda dlam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Para peserta yang telah lolos seleksi sebanyak 10 orang dari beberbagai sekolah SMA/SMK diwilayah Kabupaten Banyumas, dari peserta sebanyak 72 orang berasal dari 18 sekolah SMA/SMK di wlayah Kabupaten Banyumas.

Dalam sambutan pembukaan Lomba Prsentasi Karya Tulis Ilmiah berbahasa Jawa ini, Kepala BLH Kabupaten Banyumas Dwi Pindarto, SH.,M.Hum mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan dalam rangka melestarikan budaya jawa, khususnya bahasa Jawa. Diharapkan para generasi muda dapat tampil di depan dalam memajukan budaya sendiri budaya Jawa khususnya berbahsa Jawa yang telah ditinggalkan dalam percakapan sehari-hari. Dijelaskan juga bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas setiap hari Kamis seluruh karyawan/karyawati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas diwajibkan berbahasa dialek banyumasan, dengan tujuan untuk jangan lupa dengan bahasa jawa dialek banyumasan, disamping juga nguri-nguri bahasa dialek banyumasan.

Salah satu juri Etjung Widhiarto, S.Sos mengatakan bahwa secara keseluruhan peserta dalam menyampaikan presentasi karya tulis ilmiah bagus dengan ide-ide yang cukup dipertanggungjawabkan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Kendala-kendala yang dihadapi para peserta kebanyakan kemampuan  dalam berbahasa Jawa, dan Kemampuan struktur dalam penulisan karya taulis ilmiah. Sedangkan secara impronisasi para peserta cukup bagus. Para Juri disamping Etjung Widhiarto, S.Sos, juga dari BLH Djoko Setyono, S.Sos, dan Purwono.

Salah satu peserta dari SMAN 2 Purwokerto Pamela Meta Prabandari, mengatakan sangat senang bisa lolos masuk 10 besar dan kesempatan dalam presentasi karya tulis ilmiah berbahasa jawa. kendalanya menurutnya masih kagok dalam berbbicara bahasa jawa, karena sehari-hari dia kebanyakan berbahasa Jawa. Dia mengharapkan agar kegiatan ini dapat diteruskan tahun-tahun mendatang.

Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro menjelaskan bahwa Kegiatan presentasi karya Tulis Ilmiah berbahasa Jawa ini merupakan kelanjutan dalam rangka menyeleksi para peserta yang nantinya akan diikutsertakan dalam Jambore Lingkungan Perkemahan Bakti Saka Kalpataru Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 s.d. 25 Mei 2014.Disamping itu juga dalam rangka memepringati Hari lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2014.  Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro kegiatan semacam ini yang mendukung dalam rangka melesatarikan dan nguri-nguri budaya banyumasan akan terus ditingkatkan tahun depan. Para Peserta yang juara dalam lomba ini akan diserahkan piala, dan penghargaan pada waktu Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat kabupaten Banyumas Tahun 2014 juga lomna-lomba yang telah dan akan diselenggarakan.

Related Posts

Font
Senin, 17 Juni 2019

Komentar