SMP NEGERI 1 BATURRADEN SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI TAHUN 2019

Rabu, 18 Desember 2019 | 1991 Kali
SMP NEGERI 1 BATURRADEN SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI  TAHUN 2019

PURWOKERTO – Pada Hari Jum’at 13 Desember 2019 bertempat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat telah dilaksanakan penyerahan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri Tahun 2019. Dari Kabupaten Banyumas, SMP Negeri 1 Baturraden berhasil memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2019. Kepala Sekolah SMP N 1 Baturraden menerima penghargaan tersebut langsung dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc). Ikut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

            Acara diawali sambutan oleh Kepala Badan Penyuluhan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan KLHK (Ir. Helmi Basalamah, MM). Kemudian dilanjutkan sambutan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, beliau menyampaikan bahwa Adiwiyata bukan sekedar hanya Penghargaan saja, tetapi sebagai Gerakan Bangkitnya Sekolah dan Madrasah dalam mengelola lingkungan hidup. Adiwiyata menjadi gerakan nasional, karena program Adiwiyata sangat penting dalam upaya membangun warga agar peduli lingkungan sejak dini di sekolah-sekolah, serta merehabilitasi dan menjaga lingkungan tetap lestari.  Program Adiwiyata ditujukan untuk menciptakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan guna mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik dalam upaya mendukung pembangunan berkelanjutan.  Program itu mencakup pendidikan lingkungan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar melalui penerapan sikap dan tindakan peduli dan berbudaya lingkungan demi menjaga bumi tetap lestari. Beliau mengharapkan juga dengan adanya sekolah Adiwiyata dapat menjadi bagian penting dalam Menjadikan Indonesia Maju dan Menjadikan Generasi Unggul Untuk Indonesia Maju.  Penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata untuk lebih bertanggung jawab, bekerja lebih keras, lebih cerdas, lebih baik lagi untuk mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan dan mewujudkan murid-murid pemimpin Indonesia yang akan datang yang beraklak mulia, dan mengintegrasikan nilai-nilai lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam setiap keputusan untuk menjadi penyelamat sumber kehidupan di dunia.  Terus memupuk dan mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bekerja bersama dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Acara berikutnya adalah pemutaran video sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.).  Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada 434 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia yang telah ikut berperan aktif dalam memberikan pengetahuan dan memupuk kecintaan anak Indonesia akan lingkungan hidup dalam mendukung gerakan peduli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sambutan Menteri KLHK (Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc) pada acara Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2019

 

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2019 Dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc) kepada Kepala SMP Negeri 1 Baturraden (Drs. Herry Nuryanto Widodo)

 

Penandatangan Prasasti Monumen Adiwiyata Mandiri SMP Negeri 1 Baturraden oleh Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan KLHK (Cicilia Sulastri, SH., M.Si) berikan kepada Kepala SMP Negeri 1 Baturraden (Drs. Herry Nuryanto Widodo)

 

Trophy Sekolah Adiwiyata MandiriSMP Negeri 1 Baturraden

Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri

SMP Negeri 1 Baturraden

 

 

 


 

Foto bersama Tim Adiwiyata SMP Negeri 1 Baturraden bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc ), Kepala Dinas Lingkungan  Hidup Kabupaten Banyumas (Suyanto, SH, M.Hum), Kepala Dinas Pendidika Kabupaten Banyumas (Irawati, SE) dan Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas

Related Posts

Komentar