PEMBUKAAN PERKEMAHAN SAKA KALPATARU 5 KABUPATEN (BANYUMAS, CILACAP, PURBALINGGA, BANJARNEGARA, DAN KEBUMEN) TAHUN 2015

Senin, 16 November 2015 | 6388 Kali
PEMBUKAAN PERKEMAHAN SAKA KALPATARU 5 KABUPATEN (BANYUMAS, CILACAP, PURBALINGGA, BANJARNEGARA, DAN KEBUMEN) TAHUN 2015

 

Baturraden,  Pembukaan Perkemahan Saka Kalpataru Tingkat Nasional wilayah Barlingmascakeb  Tahun 2015 secara resmi di buka oleh Kak Dr.H.Abdullah Sobur selaku Waka Bidang Lingkungan Hidup Kwartir Nasional dengan jumlah 500 peserta yang terdiri dari 5 kabupaten yaitu Banjarnegara,Purbalingga,Banyumas,Cilacap,dan Kebumen di bumi perkemahan Baturaden Kabupaten Banyumas, Sabtu pagi (14/11). Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud memperkenalkan Saka Kalpataru kepada setiap anggota pramuka penegak dan pandega yang berminat menjadi anggota Saka Kalpataru. Dalam pembukaan tersebut di hadiri oleh Kepala Pusdiklatmas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Asekbang dan Kesra Sekda  Kabupaten Banyumas yang mewakili Bupati Banyumas, Kepala BLH Provinsi Jawa Tengah, Kepala BLH Kabupaten Banyumas,dan  Kak Kwarcab wilayah Bralingmascakeb, dan pata pembina pendamping masing-masing 5 kabupaten.

Laporan pembukaan disampaikan panitia penyelenggara oleh Kak Suryadi perwakilan Pusdiklatmas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, mengatakan bahwa maksud dan tujuan Perkemahan Saka Kalpataru ini diadakan dalam rangka mengenalkan pramuka Saka Kalpataru dan menjaring pramuka penegak dan pandega berminat menjadi anggota Pramuka Saka Kalpataru. 

Kak Abdullah Sobur dalam sambutannya mengatakan bahwa Badan Lingkungan Hidup yang bertugas dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus mengerti pramuka, Pramuka  juga harus mengerti lingkungan hidup” katanya dalam sambutan. Beliau juga menambahkan “Tunjukan bahwa pramuka saka kalpataru adalah patriot lingkungan . Pramuka itu harus nyaman, hemat energi, hemat air dan hemat listrik”. 

                  

Dalam upacara pembukaan ini Pembina upacara juga menyematkan tanda peserta kepada perwakilan peserta putra dan peserta putri, setelah selesai upcara pembukaan dilanjutkan foto berbareng dengan Kak Abdullah Sobur Waka Bidang Lingkungan Hidup Kwartir Nasional,  Kak Didi Rudwianto Kwarcab Banyumas, Kak Imam Pamungkas Ka Pinsaka kalpataru BLH Kabupaten Banyumas.

Pamong Saka Kalpataru kak Subarkah Setyonagoro yang juga salah satu panitia penyelenggara mengatakan khusus untuk Pramuka Saka Kalpataru BLH kabupaten Banyumas dengan peserta yang berasal dari adik-adik yang sekolah pada sekolah-sekolah adiwiyata maupun beberapa sekolah yang belum berstatus sekolah adiwiyata. Dikatakan juga bahwa setelah selesainya perkemahan saka kalpataru ini akan dikumpulkan untuk lebih memantapkan para peserta dalam anggota Pramuka Saka Kalpataru.

Kak Subarkah mengatakan bahwa dalam perkemahan Saka Kalpataru akan dikenalkan materi tentang krida saka kalpataru yang terdiri dari krida 3 R, krida Perubahan Iklim, dan krida Konservasi Keanekaragaman Hayati, baik secara teori maupun juga praktik lapangan, serta materi-materi lain yang terkait dengan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.  Perkemahan saka kalpataru dimulai tanggal 13 s.d. 15 November 2015 berlangsung di Bumi Perkemahan Baturraden berjalan dengan lancar, sukses, dan aman walaupun diguyur hujan setiap hari..

Yel- yel Kapataru :    Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia 

 

Related Posts

Komentar