BANK SAMPAH SUMBER BERKAH MENEMPATI GEDUNG BARU YANG REPRESENTATIF

01 12 2014 16:18:05 | 7257 Kali
BANK SAMPAH SUMBER BERKAH MENEMPATI  GEDUNG BARU YANG REPRESENTATIF

BANK SAMPAH SUMBER BERKAH BLH KABUPATEN BANYUMAS

MENEMPATI  GEDUNG BARU YANG REPRESENTATIF

 

Purwokerto,  sejak hari Jum;at tanggal 24 Oktober 2014 Bank Sampah Sumber Berkah Kompleks Perkantoran GOR Satria Purwokerto menempati gedung baru yang representatif dengan sarana prasarana yang memenuhi standar bank sampah, yang berada disebelah selatan Kantor BLH Kabupaten Banyumas.

Dalam acara syukuran tumpengan pindahan gedunmg baru Bank Sampah Sumber Berkah dari gedung lama yang berupa bekas garasi ruang lama, diawali dengan sambutan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas Dwi Pindarto, SH.,M.Hum dengan disaksikan oleh seluruh pegawai BLH Kabupaten Banyumas.  Bank Sampah Sumber Berkah didirikan bertepatan dengan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tingkat Kabupaten Banyumas pada tanggal 21 Pebruari 2014, dengan telah mempunyai anggota sebanyak 45 orang, terdiri dari Pegawai BLH, anggota Saka Kalpataru, pegawai perkantoran di kompleks GOR Satria Purwokerto, dan masyarakat umum..

Dalam sambutan Kepala BLH Kabupaten Banyumas Dwi Pindarto, SH,M.Hum mengatakan bahwa dengan menempati gedung baru ini diharapkan pengurus bank sampah sumber berkah akan lebih terpacu , lebih giat dalam  mengelola Bank Sampah Sumber Berkah, sehingga nantinya akan lebih maju, dan banyak nasabah yang menanbung, serta akan lebih menggairahkan dalam pengelolaan sampah dengan melalui Bank Sampah.

Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro mengatakan bahwa tadinya Bank Sampah menempati ruang yang sederhana yang berupa ruangan garasi, dengan penempatan gedung baru ini yang telah dilengkapi dengan tempat pemilahan tempat tabungan sampah terpilah 3 (tiga) ruang tabungan sampah yang terdiir dari ruang sampah plastic, ruang sampah kertas, dan ruang sampah lainnya serta ruang untuk kegiatan penimbangan tabungan sampah. Sehingga dilihat dengan kondisi sekarang gedung baru, diharapkan akan lebih rajin menggalang dan memberikan sosialisasi kepada para pegawai perkantoran di lingkungan kompleks perkantoran GOR Satria dan warga masyarakat sekitar serta para anggota Pramuka Saka Kalpataru untuk menjadi anggota Bank Sampah Sumber Berkah.

Disamping itu dalam kompleks Bank Sampah Sumber Berkah juga telah ada pengelolaan sampah dengan system suryatna atau kompoter kebun, yang hasil sampah tersebut setelah penuh dalam komposter lalu dikirim ke Rumah Kompos Lemon Jaya Rempoah Baturraden sebagai binaan BLH, untuk diolah lagi menjadi pupuk kompos dan dikembalikan ke BLH.  Juga tersedia composter penglolaan sampah untuk menghasilkan pupuk cair yang dapat  dipergunakan untuk memujpuk tanaman yang ada di lingkungan perkantoran GOR Satria maupun masyarakat yang membutuhkan pupuk kompos.

 

 
 
 

Related Posts

Komentar