ROTARY CLUB of PURWOKERTO SUMBANG TONG SAMPAH DAN GEROBAK SAMPAH

03 07 2014 13:38:01 | 9603 Kali
ROTARY CLUB of  PURWOKERTO SUMBANG TONG SAMPAH  DAN GEROBAK SAMPAH

 

Dalam kesempatan tersebut Presiden Rotary Club of Purwokerto Buntoro mengatakan bahwa bantuan ini dalam rangka ikut serta menjaga dan memelihara kebersihan sepanjang bantaran sungai Kranji, karena dengan adanya tong sampah dan gerobak sampah ini dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar bantaran sungai Kranji, agar membuang sampah pada tempat yang telah tersedia, tidak membuang sampah pada sungai Kranji, karena bila membuang sampah pada sungai akan menyebabkan bahaya bencana banjir, karena banyaknya timbunan sampah pada sungai, sehjingga menghambat aliran air sungai. Dikatakan juga bahwa sebanyak 100 tong sampah terpilah ini ditempatkan di sepanjang pinggiran bantaran Sungai Kranji sampai dengan Pabuaran.

Pemerintah Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Kepala SDA BM Ir. Irawadi CES mengatakan banyak terima kasih atas bantuan dari Rotary Club of Purwokerto atas terpedulinya menjaga kebersihan sungai, khususnya pada sungai Kranji yang melintas daerah perkotaan Purwokerto, yang memang padat penduduk yang berdomisili di sepanjang bantaran sungai Kranji, Sehingga diharapkan kesadaran warga masyarakat untuk ikut memelihara dan menjaga tong sampah maupun gerobak sampah tersebut agar dapat digunakan sebaik mungkin.

Pada kesempatan tersebut Kepala BLH Kabupaten Banyumas Dwi Pindarto, SH, M,Hum yang hadir juga menyatakan ucapan terima kasih juga kepada Rotary Club of Purwokerto yang telah berpartisipasi dalam program bantuan tong sampah dan gerobak sampah tersebut, dijelaskan juga bahwa dengan adanya pemasangan/penempatan tong sampah pada pinggiran bantaran sungai Kranji ini akan menambah nilai point dalam penilaian Adipura Tahun 2014-2015, karena hal ini merupakan yang pertama penempatan tong sampah terpilah pada bantaran sungai. Diharapkan juga agar Rotary Club of Purwokerto juga berperan aktif dalam menambah kebersihan, keteduhan, dan kenyamaan kota Purwokerto pada khususnya dan Kabupaten Banyumas pada umumnya dengan pemberian tong sampah terpilah maupun gerobak sampah yang akan ditempatkan pada lokasi2 yang menjadi titik pantau penilaian Adipura.

Bersamaan dengan itu juga diadakan gerakan kerja bakti bersih-bersih sungai Kranji yang diikuti dari uinsur dinas/badan terkait, kecamatan dalam kota Purwokerto, para lurah, para LSM Lingkungan, Komunitas Liongkungan Hidup, Relawan Adipura , Forum Peduli Kali, dan masyarakat sekitar.

Related Posts

Font
Selasa, 07 Mei 2019

Komentar