GREEN TEAM SMA NEGERI BANYUMAS SUMBANGKAN TONG SAMPAH TERPILAH KE TAMAN KEHATI BLH KABUPATEN BANYUMAS

Sabtu, 07 November 2015 | 6100 Kali
GREEN TEAM SMA NEGERI BANYUMAS SUMBANGKAN TONG SAMPAH TERPILAH KE TAMAN KEHATI BLH KABUPATEN BANYUMAS
Sekolah-sekolah banyak yang belum mengetahui keberadaan Taman Kehati sebagai salah satu tempat pembelajaran mengenai jenis-jenis tanaman pohon langka dan konservasi lingkungan hidup.untuk itu Sekolah SMA Negeri Banyumas mengadakan kegiatan pembelajaran lingkungan hidup dan konservasi tanaman pohon langka dengan mengadakan kegiatan kunjungan ke taman kehati desa Kemutug Lor Kecamatan Baturaden pada hari sabtu, tanggal 17 Oktober 2015.
 
Green Team SMA Negeri Banyumas yang merupakan suatu organisasi sekolah yang dengan anggota dari siswa-siswa SMA Negeri Banyumas sebagai salah satu kegiatan berkaitan dengan lingkungan hidup dan pengelolaan sampah untuk mensukseskan program green school SMA Negeri Banyumas.
 
SMA Negeri Banyumas dibawah pimpinan Kepala Sekolah Drs. Muhamad Husain, M.Si pada tahun 2014 telah meraih sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional yaiut sekolah peduli lingkungan dan berbasis kurikulum lingkungan hidup, dan pada tahun 2016 akan maju untuk meraih sekolah Adiwiyata Mandiri, disamping itu juga SMANegeri Banyumas pada tahun 2015 telah meraih sebagai juara pertama Sekolah Sehat Tingksat Nasional, atas keberhasilan inilah para siswa-siswi SMA Negeri Banyumas telah tertanamkan pola pikir budaya bersih dan cinta alam dan lingkungan hidup.
 
Eksistensi terhadap budaya bersih ini juga dilakukan oleh anggota dan pengurus Green Team dengan pembelajaran ke Taman Kehati, dengan dipandu oleh Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro menjelaskan tentang aneka macam tentang Taman Kehati, dimana dulunya Taman Kehati merupakan bekas TPA (Tempat Pembuangan Akhir) oleh karena sampah yang lama kelama mencemari lingkungan penduduk, maka oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas lahan tersebut dijadikan sebuah Taman Konservasi Keanekaragaman Hayati yang berisikan aneka macam jenis-jenis tanaman pohon langka yang dengan kondisi sekarang telah terdapat 120 jenis pohon langka dengan luas areal 1, 3 ha.
 
Dalam kegiatan pembelajaran tersebut, para anggota dan pengurus Green Tema keliahatan antusias melihat, bertanya tentang jenis-jenis pohon yang ada di taman kehati, yang bagi telinga para siswa nama-nama pohon tersebut asing dan awam kedengarannya sperti pohon adem ati, pohon johar, kemundung, bintaro, bisbul dll.
 
                      
 
Salah satu anggota Green Team SMA Negeri Banyumas Fatah mengatakan bahwa pembelajaran lingkungan di Taman Kehati ini sangat bermanfaat dalam menambah ilmu mengenai pengenalan jenis-jenis tanaman pohon langka beserta manfaat kegunaan. 
 
Ketua Green Team SMA Negeri Banyumas Rika Tri Nuriawati menjelaskan bahwa kegiatan ke Taman Kehati ini untuk lebih mengenalkan para anggota dan pengurus tentang keberadaan jenis-jenis tanaman pohon langka serta manfaatnya, juga Green Team SMA Negeri Banyumas menyumbangkan 2 buah tempat sampah terpilah (sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3 ) karena melihat Taman Kehati masih minim tempah sampah, diharapkan dengan penambahan tempat sampah ini dapat terjaga kebersihan Taman Kehati.
 
Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro sangat mengapresiasi dan menghargai atas kegiatan Green Team SMA Negeri Banhyumas ini, dan mengucapkan terima kasih atas bantuan sumbangan 2 (dua) buah tong sampah terpilah. dengan adanya penambahan tong sampah terpilah ini di Taman Kehati akan semakin bersih lokasi taman kehati, serta dapat membiasakan kepada para pengunjung untuk dapat membuang sampah pada tempat yang telah tersedia.
 

 

Related Posts

Komentar