APLIKASI KRIDA 3 R (REUSE, REDUCE, RECYCLE) MEMBUAT KERTAS DAUR ULANG SENDIRI

04 12 2014 07:29:45 | 6971 Kali
APLIKASI KRIDA 3 R (REUSE, REDUCE, RECYCLE) MEMBUAT KERTAS DAUR ULANG SENDIRI

 

APLIKASI KRIDA 3 R (REUSE, REDUCE, RECYCLE)

MEMBUAT KERTAS DAUR ULANG SENDIRI

 

Membuat kertas daur ulang sendiri merupakan bentuk Recycle sebagai bagian dari 3 R (Reuse Reduce Recycle). Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Cara membuat kertas daur ulang sebenarnya sederhana dan tidak sulit. Sudah banyak yang membahas cara ini, tetapi bolehlah tips sederhana membuat kertas dengan cara mendaur ulang ini seperti ini.

Dengan membuat kertas daur ulang berarti telah mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat. Sehingga secara tidak langsung cara ini akan mengurangi penggunaan kertas dan sampah kertas.

Langkah-langkah membuat kertas daur ulang sendiri sebagai berikut  :

 

 

Langkah 1 : Buat Cetakan
Buat kerangka cetakan dari kayu dengan ukuran yang kau inginkan, tapi jangan terlalu besar. Tempelkan lembar saringan di salah satu sisinya dengan lem yang kuat atau dipaku. Lembar saringan harus tegang dan rata.

Langkah 2 : Pembuatan pulp (bubur kertas)
Robek-robek kertas bekas dalam ukuran perangko, rendam dalam ember air semalaman. Pisahkan rendaman kertas menurut jenis dan warna (contohnya, kertas karton jangan digabung dengan kertas HVS tipis, atau jangan menggabung kertas warna dengan kertas putih).

Masukkan bahan kertas basah yang sudah direndam semalaman ke dalam blender yang sudah terisi air. Komposisi air dan bahan kertas basah adalah 2 : 1. Nyalakan blender pada kecepatan lambat sampai sedang selama sekitar 15 detik, sampai bahan terlihat seperti adonan.  Hati-hati mengoperasikan blender !!!

Tuangkan adonan pulp ke ember/wadah bersih. Apabila perlu, gunakan saringan untuk membuang kelebihan air.

Langkah 3 : Persiapan
Siapkan tempat yang rata (bisa di lantai).
Siapkan papan penindas yang sudah direndam air, dan letakkan kain bekas yang sudah dibasahi diatasnya. Kain harus rata.
Siapkan cetakan yang sudah dibasahi.

Langkah 4 : Pembuatan lembaran kertas
Campur dan aduk bubur pulp dan air dalam baskom dengan tangan. Cobalah bereksperimen dengan komposisi bubur pulp dan air dalam baskom. Banyak-sedikitnya air menentukan tebal-tipisnya lembaran kertas. Bubur pulp dalam baskom harus kerap kali diaduk untuk memastikan tercampurnya bubur dan mengambang di bagian atas air.

Ambil cetakan, celupkan dalam baskom isi bubur, angkat dalam posisi horizontal yang rata. Bayangkan gerakan ini seperti ketika kau menyendok nasi, dengan cetakan sebagai sendoknya, dan bubur pulp sebagai nasinya. Ketika terangkat, coba goyangkan sedikit untuk memastikan lapisan pulp menutupi permukaan saringan dengan rata, dan sisa air dapat terbuang ke bawah. Kalau kau tidak puas dengan hasilnya, ulangi sekali lagi.

 
Langkah 5 : Pembuatan lembaran kertas
Bawa cetakan dengan lapisan pulp diatasnya ke papan penindas yang sudah dilapisi kain bekas. Tempelkan bagian atas cetakan dengan muka papan yang sudah dilapisi kain, balikkan. Biarkan bubur pulp mengering diantara papan penindas dan cetakan. Sesekali tekan kertas basah melalui permukaan belakang cetakan dengan spons untuk menyerap kelebihan air.

Ketika sudah agak kering, lepaskan cetakan dari kertas basah dengan hati-hati. Letakkan lapisan kain bekas basah baru diatas kertas yang sedang dikeringkan, ulangi sekali lagi. Dengan cara ini kau akan bisa membuat beberapa lapisan lembar kertas baru dalam satu tumpuk sekaligus!

Langkah 6 : Pengeringan kertas
Apabila tumpukan lembaran kertas basah sudah siap, letakkan papan penindas atau tripleks diatasnya. Tekan dengan hati-hati untuk mengeluarkan sisa air, dan biarkan selama 30 menit. Untuk menekan, kau bisa meletakkan benda berat penindih diatasnya, atau malah menginjaknya dengan kaki!

Setelah selesai, angkat papan paling atas, kupas lembaran kertas (kain dasarnya tetap menempel), dan letakkan di tempat yang rata dan dilapisi kertas koran kering. Kau bisa menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan lembaran kertas, atau berkali-kali mengganti alas kertas koran dengan yang kering. Proses pengeringan ini bisa berlangsung semalam suntuk atau lebih.

Bila kertas sudah kering, kupas kertas dari lapisan kain. Kalau masih terasa kurang rata dan bergelombang, kertas bisa kau tindih diantara buku.



                                                      SELAMAT BEKERJA

 

 
 
 

Related Posts

Komentar