KUNJUNGAN KERJA KE SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI KOTA BOGOR Dalam Rangka Persiapan Sekolah Adiwiyata Mandiri Kabupaten Banyumas

13 12 2014 07:35:22 | 11711 Kali
KUNJUNGAN KERJA KE SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI KOTA BOGOR Dalam Rangka Persiapan Sekolah Adiwiyata Mandiri Kabupaten Banyumas

KUNJUNGAN KERJA KE SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI KOTA BOGOR

Dalam Rangka Persiapan Sekolah Adiwiyata Mandiri Kabupaten Banyumas

 

 Pertimbangan lokasi yang dipillih kota Bogor sebagai tempat kunjungan kerja study banding bagi para Kepala Sekolah/Penangungjawab Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Banyymas, dengan pertimbangan keberhasilan BPLHD Kota Bogor dalam membina sekolah-sekolah yang ada di kota Bogor dalam meraih penghargaan sekolah adiwiyata mandiri, dilihat dari tiap tahun penambahan sekolah adiwiyata dalam meriah sekolah adiwiyata mandiri maupun adiwiyata tingkat nasional, hal ini juga telah mendapatkan referensi  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, demikian dikatakan Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro.

Peserta Kunjungan kerja (study banding) diikuti oleh para Kepala Sekolah/Penangungjawab Sekolah Adiwiyata di Kabupaten Banyumas baik yang telah berstatus sekolah adiwiayata tingkat provinsi maupun tingkat nasional sebanyak 14 orang dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas sebanyak 2 orang beserta BLH Kabupaten Banyumas yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pengendalaian Dampak Lingkungan BLH Kabupaten Banyumas Djoko Setyono, S.Sos mewakili Plt.Kepala BLH Kabupaten Banyumas.

 Dalam Kunjungan kerja ke SMP Negeri 13 Bogor diterima dengan baik oleh Kepala Sekolah SMPN Negeri 13 Bogor yang telah meraih sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2012 beserta para guru dan karyawan serta komite dan Pengawas Sekolah yang didampingi dari BPLHD (Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah) Kota Bogor bertempat di SMPN Negeri 13 Bogor.

Salah satu untuk meraih sekolah adiwiyata mandiri adalah membina sekolah-sekolah minimal 10 (sepuluh) sekolah untuk bisa meraih sekolah adiwiyata tingkat kabupaten, dan ini telah dilakukan oleh SMPN 13 Bogor dengan memberikan pembinaan kepada sekolah Berbudaya Lingkungan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor (SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 11, SMPN 16, SMPN 17, SMPN 18, dan SMPN 19), disamping itu juga melakukan dengan menjalin kerjasama dengan BPLHD, UI, IPB, BPLH, Dinas Pertamanan, Dinas Pertanian, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Kesehatan, Kepolisian,  PDAM, PD Kebersihan di wilayah Kota Bogor.

Kunjungan kerja selanjutnya ke SMA YPHB ( Yayasan Persaudaraan Haji Bogor) yang merupakan sekolah swasta telah meraih sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2014, yang diterima secara oleh Kepala Sekolah SMA YPH Bogor Drs.Tri Suharnowo, MM beserta jajarannya. Dalam penjelasan bahwa SMA YPH Bogor selalu memberikan lingkungan hijau, sejuk, nyaman, asri dan teduh.

 Drs. Aribowo.  salah satu tim Adiwiyata Kabupaten Banyumas yang ikut dalam kunjungan kerja mengatakan bahwa kunjungan kerja ini sangat bermanfaat sekali dalam memperoleh, menggali, menimba wawasan terhadap keberadaan sekolah adiwiyata mandiri yang telah dicapai oleh SMP Negeri 13 Bogor dan SMA YPHB, dan ini akan diterapkan dalam pembinaan sekolah-sekolah di Kabupaten Banyumas untuk bisa mewujudkan sekolah berwawsan peduli lingkungan hidup, yang akhirnya bisa memenuhi syarat sebagai sekolah adiwiyata.

 
 
 

Related Posts

Font
Selasa, 07 Mei 2019

Komentar