AKSI KEBERSIHAN RELAWAN ADIPURA

18 06 2014 13:36:20 | 9153 Kali

         Selama 2 (dua) hari mulai tanggal 26 s.d. 27 Februari 2014, para Relawan Adipura bentukan BLH Kabupaten Banyumas mengadakan aksi kebersihan sepanjang jalan Brigjen Katamso mulai dari perempatan pasar wage sampai dengan pertigaan kombas. Hal ini dilakukan oleh para Relawan Adipura selain rutin yang dilakukan seperti monitoring dan pengambilan sampah yang ada di sepanjang jalan titik pantau Adipura, juga kegiatan-kegiatan lain terkait dengan penjagaan kota Purwokerto biar bersih, sejuk dan teduh.

         Aksi kali ini  dengan dibantu dari para petugas kebersihan pasar wage yang dikomandai oleh Sudarto selaku Kepala Pasar Wage, yang  dulu pernah menjabat sebagai  Kepala Lokawisata Baturaden pada Dinporabudpar yang memang selalu peduli kebersihan. Dia menambahkan bahwa sangat terbantu dengan aksi kebersihan para Relawan Adipura, dalam menciptakan kebersihan lingkungan Pasar Wage khususnya di sepanjang jalan Brigjen Katamso.

Pembersihan warung yang tidak dipakai lagi, sehingga mengganggu lalu lintas pejalan kaki, juga mengganggu kebersihan juga dibersihkan , demikian juga pembersihan gulma/rumput, perbaikan drainase serta tidak lupa para Relawan Adipura juga memberikan motivasi kepada para Pedagang agar selalu menjaga kebersihan, dan agar menyediakan tempat sampah, agar kotoran/limbah dapat dibuang pada tempat sampah. Sehingga habis dagangan selesai, maka kebersihan tetap terjaga.

Tri Winanto, salah satu Relawan Adipura dijumpai mengatakan bahwa sangat bahagia apabila sepanjang yang dibersihkan bisa memberikan andil penjagaan kebersihan kota Purwokerto, sehingga kota kebanggaannya dapat kembali memperoleh penghargaan Adipura sebagai lambang kota kebersihan.

        Humas BLH Kabupaten Banyumas Subarkah Setyonagoro yang dihubungi mengatakan bahwa keberadaan para relawan Adipura ini sangat dibutuhkan dan sangat membantu dalam menjaga kebersihan kota Purwokerto, dijelaskan juga bahwa keterlibatan para Relawan Adipura ini tidak hanya aksi kebersihan di Jalan Brigjen Katamso, juga kebersihan di sepanjang jalan yang menjadi titik pantau Adipura, pengambilan sampah yang ada di sepanjang seperti adanya sampah kertas atau plastik yang dibuang sembarangan oleh para pengguna jalan, memberikan kesadaran kepada para pedagang agar selalu menjaga kebersihan, membuang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan.  

Related Posts

Komentar