GREEN TEAM SMAN BANYUMAS ADAKAN PELATIHAN BAGI ANGGOTA BARU DI TAMAN KEHATI BLH

01 02 2015 10:27:28 | 6824 Kali
GREEN TEAM SMAN BANYUMAS ADAKAN  PELATIHAN  BAGI ANGGOTA BARU  DI TAMAN KEHATI BLH

GREEN TEAM SMAN BANYUMAS ADAKAN

PELATIHAN  BAGI ANGGOTA BARU  DI TAMAN KEHATI BLH

 

Baturaden, Pengurus Green Team SMA Negeri Banyumas periode 2014 – 2015 mengadakan kegiatan pembelajaran lingkungan yang diselenggarakan di Taman Kehati Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden sebanyak 25 orang yang berlangsung selama 2 hari tanggal 10 s.d. 11 Januari 2014.

 Dalam kegiatan tersebut, para pengurus dan anggota Green Team SMAN Banyumas sabtu malam harinya diadakan berbagai kegiatan seperti evaluasi, perenungan green team selama satu semester ini dan dilanjutkan dengan kegiatan api unggun yang berlangsung di halaman Taman Kehati. Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturaden.tapi sehubungan dengan hujan maka kegiatan api unggun ditiadakan.

 Pada pagi hari minggu, tanggal 11 Januari 2015, diadakan kegitan jelajah alam dan outbond oleh tim outbond Taman Kehati  BLH Kabupaten Banyumas yang dimotori oleh Subarkah Setyonagoro.

 Kegiatan Green Team SMAN Banyumas pada malan hari diisi dengan pengarahan dan pembinaan dari Pembina SMAN Banyumas, selanjutnya pagi hari minggu diadakan kegiatan jelajah alam menyusuri alam menuju curug kembar serta diselingi dengan kegiatan permainan-permainan untuk menumbuhkan motivasi percaya diri, kerjasama, toleransi, dan saling memiliki rasa kebersamaan serta menumbuhkan mindset berbudaya bersih lingkungan.

 Pada kegiatan tersebut, menurut ketua Pengurus Green Team SMAN Banyumas Rieke Tri Nuriawati mengatakan kegiatan pengenalan dan pembelajaran bagi anggota baru ini di selenggarakan di Taman Kehati melihat bahwa suasana lokasi wilayah taman Kehati sangat mendukung sekali dan sekaligus pengenalan tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

 Sebelum dimulai kegiatan jelajah alam diadakan outbond yang cukup menarik dan mengasyikkan oleh tim ourbond taman Kehati BLH Kabupaten Banyumas, setelah itu dilanjutkan berjalan kaki dan menyusuri alam desa kemutug lor sangat mengasyikan sekali, hal terlihat dengan suasana penuh gembira para anggota pengurus baru sangat menikmati kegiatan ini, demikian kata salah satu anggota baru Aruni, bahwa ia mengharapkan bisa datang lagi ke Taman Kehati dengan menyusuri curug-curug yang terdapat di desa Kemutug Lor yang belum dijelajahi seperti curug abang, curug juneng, curug pasang, curug kedungbenda. Yang tentunya menawarkan pesona alam yang begitu asri, indah, dan nyaman.

 Terlihat dengan penuh semangat dan ga terasa capenya menyusuri pematang sawah maupun jalan setapak selokan air menuju ke air terjun curug kembar, yang masih asri dan indah dengan suasana yang bisa membikin suasana nyaman. Dengan canda ria para anggota mencuci kaki, membasuh muka dengan air curug kembar yang jernih dan sejuk rasanya. Dilanjutkan lagi menyusuri pematang-pematang  kebun yang penuh dengan tanaman rumput gajah sebagai bahan makanan bagi ternak sapi yang terdapat di BPT Baturaden.

 Humas BLH Subarkah Setyonagoro yang ikut dalam kegiatan tersebut, mengatakan bahwa ini merupakan moment yang baik sekali untuk menawarkan kegiatan2x yang bisa diterapkan di wilayah sekitar Taman Kehati desa kemutug lor, kecamatan Baturaden, diharapkan dengan adanya kegiatan perkemahan oleh Green Team SMAN Banyumas ini bisa ditularkan kepada sekolah-sekolah lain di wilayah kabupaten Banyumas baik itu dari tingkat TK, SD, SMP, SMA,SMK maupun perguruan tinggi untuk bisa mempelajari konservasi tanaman pohon lanmgka yang tersedia di Taman Kehati.

 

 

 

 

 

Kegiatan Green Team SMAN Banyumas akan diadakan perkemahan pada malan hari diisi dengan pengarahan dan pembinaan dari Pembina SMAN Banyumas Sugiman dilanjutkan acara pengenalan jenis tanaman pohon langka, tes fisik, tes keberanian, pencarian name tag, selanjutnya pagi hari minggu diadakan kegiatan jelajah alam, tes kreatifitas,  dan memunguti sampah di sepanjang jalan serta menyusuri alam menuju curug kembar serta diselingi dengan kegiatan permainan-permainan untuk menumbuhkan motivasi percaya diri, kerjasama, toleransi, dan saling memiliki rasa kebersamaan serta menumbuhkan mindset berbudaya bersih lingkungan,

 

 

Kearah depan Taman Kehati ini bisa menyumbangkan wisata edukasi lingkungan yang sedang dirancang oleh BLH Kabupaten dengan paket mulai dari Kantor BLH, Laboratorium Lingkungan Hidup sampai dengan Taman Kehati ini, sehingga para generasi muda bisa menyadari betapa pentingnya kesadaran akan berbudaya cinta alam dan lingkungan hidup, yang mana akan merubah pola pikir yang berwawsan lingkungan, sehingga musibah bencana  alam yang terjadi selama ini oleh ulah manusia bisa dicegah.

 

 
 
 

Related Posts

Komentar